Rangkaian RLC

Written By catri on Minggu, 29 Juli 2012 | 11.25

Rangkaian RLC adalah rangkaian  yang terdiri dari resistor, induktor,dan kapasitor, dihubungkan secara seri atau paralel. Mengapa di namakan RLC, karena nama ini menjadi simbol listrik biasa untuk ketahanan, induktansi dan kapasitansi masing-masing. Rangkaian ini membentuk osilator harmonik dan akan beresonansi hanya dalam cara yang sama sebagai rangkaian LC.

Perbedaan dari rangkaian ini terlihat dari resistor, yang di mana setiap osilasi disebabkan di sirkuit akan mati dari waktu ke waktu jika tidak terus berjalan dengan sumber. Ini efek dari resistor yang disebut redaman. Resistensi dari beberapa resistor tidak dapat di hindari di sirkuit nyata, bahkan jika resistor tidak secara khusus dimasukkan sebagai komponen. Sebuah sirkuit LC murni adalah suatu ideal yang benar-benar hanya ada dalam teori.

Untuk rangkaian RLC seri yang menggunakan arus AC, maka arus listrik akan mendapat hambatan dari R, L dan C. Hambatan tersebut dinamakan Impedansi (Z). Impedansi merupakan gabungan secara vektor dari XL, XC dan Ryang besarannya dilihat dari satuan Z.

Rangkaian RLC

Ada berbagai macam jenis RLC untuk sirkuit ini. Sehingga rangkaian ini paling banyak digunakan dalam berbagai jenis rangkaian osilator. Rangkaian yang terpenting adalah untuk tuning, seperti di penerima radio atau televisi, di mana digunakan untuk memilih rentang frekuensi yang sempit dari gelombang radio ambien.

Rangkaian RLC ini sering di sebut sebagai sirkuit disetel. Sebuah rangkaian RLC dapat digunakan sebagai band-pass filter atau band-stop filter. Tuning aplikasi, misalnya contoh dari band-pass filter. Filter RLC digambarkan sebagai sirkuit kedua-order, yang berarti bahwa setiap tegangan atau arus pada rangkaian dapat digambarkan dengan persamaan diferensial orde kedua dalam analisis rangkaian.

Tiga elemen penting dalam rangkaian ini dapat di kombinasikan dalam sejumlah topologi yang berbeda. Semua tiga elemen secara seri atau ketiga elemen secara paralel adalah rangkain sederhana dalam konsep dan yang paling mudah untuk menganalisa. Namun demikian, pengaturan lain, beberapa dengan kepentingan praktis di sirkuit nyata.

Demikian penjelasan singkat mengenai Rangkaian RLC, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari info penting dari komponen RLC. Anda juga bisa membaca artikel kami lainnya, yaitu Rangkaian LED, Rangkaian Flip Flop dan Rangkaian Paralel.

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts Today

 
http://id.imediabiz.com/MivoTV.swf?r50000