Rabu, 24 Oktober 2012

Cara Atasi Rem Cakram Belakang Yang Masuk Angin

Banyak sekali yang sudah mengalami troble pada rem cakram belakang terutama Rem cakram Tambahan bukan dari asli Pabrikan.  Pengalaman saya sering sekali rem cakram belakan yang saya pakai mengalami troble atau tidak befungsi sebagai mana mestinya  hal ini disebabkan oleh :

* Rem Cakram Tidak Ber- merk 

Sampai saat ini saya masih menggunakan cakram yg tidak ber-merk alias murah seharga Rp.150.000 lengkap semuanya tinggal pasang saja . Setelah saya pasang sekitar 1 – 2 bulan di tengah perjalanan cakram tidak berfungsi sama sekali alias gembos atau masuk angin .

Kemudian saya bawa ke bengkel dan mengalami troble lagi setelah saya pakai luar kota hal ini terjadi berulang-ulang  sampai saya pusing sendiri dan akhirnya saya coba bongkar sendiri  berikut langkah2nya :

1.  Periksa Oli Rem  -> Jika Habis Segera Isi kembali
2.  Periksa Pompa REm Cakram -> Jika Bocor maka terpaksa anda harus ganti  ( yg bagus merk Nisin , brembo ) . Jika Diperbaiki atau tidak diganti akan kembali mengalami kebocoran saran saya mending diganti dengan yang baru saja
3. Periksa Selang Dari Pompa ke kalipper jangan sampai Ada Kebocoran oli remnya
4. Periksa kampas REm anda.  jika masih baik cukup dibersihkan saja

Setelah 4 kondisi  diatas terpenuhi. lakukan Langkah berikut :
  – Lepaskan kalipper dan piringan cakram
  -  Masukan selang  ke tempat pembuangan oli untuk melihat ada atau tidak udara di dalam kalipper
  – Tekan Tuas rem sebanyak 10  kali  secara ber -irama dan hitungan ke – 10  tahan dan jgn dilepaskan , kemudian kendorkan sedikit baut pembuangan yang dipasang selang tadi kemudian kencangkan lagi baut tsb dan baru lepaskan tuas rem lakukan berulang-ulang langkah ini dan jangan lupa periksa oli rem-nya  jika habis segera tambahkan . lakukan sampai semua udara di selang dan di dalam kalipper keluar semua. Tanda jika udara sudah keluar kampas mulai maju hingga keduanya berhimpitan keras dan oli rem turun atau habis dan isi kembali oli rem tersebut setengah batas high.

-  Jika kedua kampas Rem sudah berhimpitan maka  tekan dengan obeng di pingiran kampas rem sampai terbuka  sesuai dengan lebar piringan dan pasang kembali kalipper tsb

langkah – langkah diatas dijamin pasti sip dan berhasil karena berdasarkan pengalaman yang saya temui

Tidak ada komentar:

Posting Komentar